DIKA, ROPIANSAH (2024) PENGARUH MEDIA SEVIMA EDLINK DALAM PROSES PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (5MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis peserta didik. Inovasi media pembelajaran diperlukan guna mendukung adanya perkembangan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis. Media pembelajaran yang inovatif seperti media Sevima Ed-link merupakan media yang mendukung tewujudnya pendidikan berbasis teknologi yang di cita-citakan didunia pendidikan. Penggunaan media Sevima Ed-link dalam proses pembelajaran blanded learning diharapkan dapat mengembangkan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment Design dengan populasi seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah dengan simple random sampling dimana kelas XI Mipa 1 sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan media seviam ed-link dalam proses pembelajaran Blanded Learning dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan Google Classroom sebagai media pembelajaran dalam penerapan blanded learning. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data asalah test kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis. Teknik anallisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multivariate Analysis of Varians dengan tarah signifikansi 5%. Berdasarkan hasil uji, diperoleh nilai sehingga ditolak, menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara perbedaan media Sevima Ed-link dengan Google Clasroom terhadap kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis pada siswa. Berdasarkan perhitungan media pembelajaran Sevima Ed-link lebih baik daripada media Google Classroom terhadap kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis pada siswa Kata kunci : Penalaran, Pemecahan Masalah, Blanded Learning, Sevima Ed-link.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 06:26 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 06:26 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34729 |
Actions (login required)
View Item |