HUBUNGAN ANTARA SELF ESTEEM DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SEM (STRUCTURAL EQUATION MODELING)

NADA, ADILA FAUZATUN NAJWA (2024) HUBUNGAN ANTARA SELF ESTEEM DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SEM (STRUCTURAL EQUATION MODELING). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI NADA ADILA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Self-esteem merupakan rasa harga diri peserta didik atau penghargaan diri peserta didik terhadap dirinya sendiri dalam pelajaran matematika meliputi penilaian terhadap kemampuan, kepercayaan diri atau seberapa besar usaha peserta didik untuk merasa dirinya mampu dan bisa dalam menyelesaikan persoalan matematika. aktivitas belajar adalah kegiatan peserta didik dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemapuannya dengan aktif bertanya, mempertanyakan mengeluarkan pendapat, mendengarkan penjelasan guru dengan baik, dan mengerjakan tugas tepat waktu. prestasi belajar merupakan hasil usaha belajar yang dicapai seorang peserta didik berupa suatu kecakapan dari kegiatan belajar bidang akademik dan non-akademik di sekolah pada jangka waktu tertentu yang dicatat pada setiap akhir semester didalam bukti laporan yang disebut rapor. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat hubungan self esteem dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan menggunakan metode SEM (structural equation modeling) peserta didik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTS Negeri 2 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling dengan instrumen penelitian berupa tes uraian dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis SEM. Penguji hipotesis menggunakan analisis SEM dengan signifikansi 0,05 diperoleh bahwa (1) Terdapat hubungan langsung self esteem terhadap prestasi belajar matematika, (2) Terdapat hubungan langsung aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) Terdapat hubungan langsung self esteem dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika. Kata kunci : Self Esteem, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar Matematika iv ABSTRACT Self-esteem is a student's sense of self-esteem or students' self�esteem towards themselves in mathematics lessons, including an assessment of ability, confidence or how much effort students make to feel that they are capable and able to solve mathematical problems. Learning activities are students' activities in the learning process to improve their abilities by actively asking questions, questioning opinions, listening to the teacher's explanations well, and doing assignments on time. Learning achievement is the result of learning efforts achieved by a student in the form of a proficiency from academic and non-academic learning activities at school at a certain period of time which is recorded at the end of each semester in evidence of a report called a report card. The purpose of this study is to see the relationship between self-esteem and learning activities on mathematics learning achievement by using the SEM (structural equation modeling) method of students directly or indirectly. This study uses a quantitative approach with a type of correlational research. The population in this study is students of class VII MTS Negeri 2 Bandar Lampung. The sampling technique used is proportionate stratified random sampling with research instruments in the form of description tests and questionnaires. The data analysis technique used in this study is SEM Analysis. The hypothesis tester using SEM analysis with a significance of 0.05 obtained that (1) There is a direct relationship between self�esteem and mathematics learning achievement, (2) There is a direct relationship between learning activities and mathematics learning achievement, (3) There is a direct relationship between self-esteem and learning activities and mathematics learning achievement. Keywords: Self Esteem, Learning Activities, Mathematics Learning Achievement

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2024 03:20
Last Modified: 08 Aug 2024 03:20
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34519

Actions (login required)

View Item View Item