NADYA, SAPUTRI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING (SDL) DENGAN PENDEKATAN ONTO-SEMIOTIK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (9MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK Kemampuan literasi matematis mempunyai peranan yang sangat penting bagi peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan pra penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis peserta didik SMP Negeri 1 Merbau Mataram masih tergolong rendah, hal tersebut dapat terlihat dari hasil tes kemampuan literasi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran SDL terhadap kemampuan literasi matematis; (2) pengaruh model pembelajaran SDL dengan pedekatan onto-semiotik terhadap kemampuan literasi matematis; (3) pengaruh self efficacy terhadap kemampuan literasi matematis; (4) interaksi antara model pembelajaran SDL dan self efficacy terhadap kemampuan literasi matematis; (5) interaksi antara model pembelajaran SDL dengan pendekatan onto-semiotik dan self efficacy terhadap kemampuan literasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan metode penelitian Quasi Experimental Design dengan desain faktorial 3×3. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Merbau Mataram dengan jumlah populasi 144 peserta didik. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen 1, kelas VII C sebagai kelas eksperimen 2 dan kelas VII D sebagai kelas kontrol, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu angket self efficacy dan tes kemampuan literasi matematis. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran SDL terhadap kemampuan literasi matematis; (2) terdapat pengaruh model pembelajaran SDL dengan pendekatan onto�semiotik terhadap kemampuan literasi matematis, (3) terdapat pengaruh self efficacy terhadap kemampuan literasi matematis; (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran SDL dan self efficacy terhadap kemampuan literasi matematis; (5) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran SDL dengan pendekatan onto-semiotik dan self efficacy terhadap kemampuan literasi matematis. Kata Kunci : Model Pembelajaran SDL Dengan Pendekatan Onto�Semiotik, Kemampuan Literasi Matematis, Self Efficacy iv ABSTRACT Mathematical literacy skills have a very important role for students in solving problems related to everyday life. Based on pre�research that has been done, it shows that the mathematical literacy skills of students of SMP Negeri 1 Merbau Mataram are still relatively low, this can be seen from the results of the mathematical literacy skills test. This study aims to determine (1) the effect of SDL learning model on mathematical literacy skills; (2) the effect of SDL learning model with onto-semiotic approach on mathematical literacy skills; (3) the effect of self efficacy on mathematical literacy skills; (4) the interaction between SDL learning model and self efficacy on mathematical literacy skills; (5) the interaction between SDL learning model with onto-semiotic approach and self efficacy on mathematical literacy skills. This research is a quantitative research and the research method is Quasi Experimental Design with 3×3 factorial design. The subjects in this study were all seventh grade students of SMP Negeri 1 Merbau Mataram with a population of 144 students. The samples in this study were class VII B as the experimental class 1, class VII C as the experimental class 2 and class VII D as the control class, with the sampling technique using cluster random sampling. The instruments used to collect data in this study were self efficacy questionnaire and mathematical literacy ability test. The data analysis technique used two-way variance analysis with a significant level of 5%. The results showed that (1) there is an effect of SDL learning model on mathematical literacy ability; (2) there is an effect of SDL learning model with onto-semiotic approach on mathematical literacy ability, (3) there is an effect of self efficacy on mathematical literacy ability; (4) there is no interaction between SDL learning model and self efficacy on mathematical literacy ability; (5) there is no interaction between SDL learning model with onto-semiotic approach and self efficacy on mathematical literacy ability. Keywords : SDL Learning Model with Onto-Semiotic Approach, Mathematical Literacy Ability, Self Efficacy
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 07:28 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 07:28 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34492 |
Actions (login required)
View Item |