PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) BERBANTUAN PREZI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS

EKA, SRI MULYATI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) BERBANTUAN PREZI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis dan disposisi matematis peserta didik SMK Negeri 5 Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) berbantuan Prezi terhadap pemahaman konsep matematis dan disposisi matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan jenis quasy eksperimental design dan desain yang digunakan adalah posttest only group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X DKV dan 10 DPK SMK Negeri 5 Bandar Lampung. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan MANOVA. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan MANOVA diperoleh nilai sig sebesar 0,033 dengan taraf signifikansi yang telah ditetapkan yaitu yang berarti menunjukkan bahwa nilai maka menolak dan menerima . Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) berbantuan Prezi terhadap pemahaman konsep matematis dan disposisi matematis peserta didik SMK Negeri 5 Bandar Lampung. Kata Kunci: Self Organized Learning Environment, Prezi, Pemahaman Konsep Matematis, Disposisi Matematis iii ABSTRACT This research was motivated by the low understanding of mathematical concepts and mathematical disposition of students at SMK Negeri 5 Bandar Lampung. The aim of this research is to determine the effect of the Self Organized Learning Environment (SOLE) learning model assisted by Prezi on understanding mathematical concepts and mathematical disposition. This study uses a quantitative approach. The method used in this research is an experiment with a quasi-experimental design type and the design used is a posttest only group design. The population in this study was all class X DKV and 10 DPK of SMK Negeri 5 Bandar Lampung. The sampling technique uses cluster random sampling. The data analysis techniques used are normality test, homogeneity test, and hypothesis testing with MANOVA. Based on the results of hypothesis testing using MANOVA, a sig value of 0,033 was obtained with a predetermined significance level, namely α=0.05, which means that the sig value <0.05 means rejecting and accepting .. So it can be concluded that there is an influence of the Self Organized Learning Environment (SOLE) learning model assisted by Prezi on the understanding of mathematical concepts and mathematical disposition of students at SMK Negeri 5 Bandar Lampung. Keywords: Self Organized Learning Environment, Prezi, Understanding Mathematical Concepts, Mathematical Disposition

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Aug 2024 04:59
Last Modified: 06 Aug 2024 04:59
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34436

Actions (login required)

View Item View Item