WULANDARI, SAFITRI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CYCLE 7E BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (5MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah matematis dan pemahaman konsep matematis dalam pembelajaran matematika merupakan landasan berpikir yang sangat penting guna menunjang dalam proses belajar dan memecahkan berbagai permasalahan matematika. Berdasarkan data yang dilihat dari hasil pra penelitian bahwa masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan pemahaman konsep matematis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cycle 7E berbantuan media pembelajaran berbasis Website Wordwall terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan pemahaman konsep matematis peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pringsewu, teknik pengambilan sampel dengan teknik acak kelas atau Cluster Random Sampling. Sampel yang diperoleh yaitu kelas X.8 sebagai kelas eksperimen 1 dengan perlakuan model pembelajaran Cycle 7E berbantuan media pembelajaran berbasis Website Wordwall, kelas X.10 dengan perlakuan model pembelajaran Cycle 7E dan kelas X.9 dengan perlakuan model pembelajaran PBL. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji MANOVA. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Cycle 7E berbantuan media pembelajaran berbasis Website Wordwall terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan pemahaman konsep matematis peserta didik. Kata Kunci : Model pembelajaran Cycle 7E, pemecahan masalah matematis dan pemahaman konsep matematis. iv ABSTRACT The ability to solve mathematical problems and understand mathematical concepts in mathematics learning is a very important thinking foundation to support the learning process and solve various mathematical problems. Based on data seen from the pre-research results that there is still a low ability to solve mathematical problems and understand mathematical concepts of students. The purpose of this study is to determine the effect of the Cycle 7E learning model assisted by Wordwall Website-based learning media on the ability to solve mathematical problems and understand mathematical concepts of students. This type of research uses Quasi Experimental Design. The population in this study is all grade X students of SMA Negeri 1 Pringsewu, sampling technique with class random technique or Cluster Random Sampling. The sample obtained was class X.8 as experimental class 1 with the treatment of the Cycle 7E learning model assisted by media, class X.10 with Cycle 7E learning model treatment and class X.9 with PBL learning model treatment. The analysis used in this study is the MANOVA test. The results of the analysis can be concluded that there is an influence of the Cycle 7E learning model assisted by Wordwall Website-based learning media on the ability to solve mathematical problems and understand mathematical concepts of students. Keywords: Cycle 7E learning model, mathematical problem solving and understanding of mathematical concepts
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 04:35 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 04:35 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34433 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |