ARINDA, AYU ANGGRAINI (2024) HAMBATAN BELAJAR DALAM KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (5MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Hambatan belajar adalah suatu kondisi dimana seseorang tidak dapat mengikuti proses belajar dengan baik, ditandai dengan adanya hambatan-hambatan tertentu dalam mencapai hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis hambatan belajar siswa SMP dalam kemampuan representasi matematis pada soal matematika materi bangun ruang sisi datar. Jenis hambatan belajar yang dianalisis adalah hambatan ontogeni yang bersifat instrumental dan konseptual, hambatan didaktis, dan hambatan epistemologis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Sidomulyo pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini diambil tiga siswa kelas VIII A yang mewakili kemampuan representasi tinggi, sedang, dan rendah. Triangulasi pada penelitian ini yaitu menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, wawancara dan dokumentasi. Sumber dalam wawancara pada penelitian ini diperoleh dari siswa dan guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas peserta didik mengalami hambatan ontogeni yang bersifat insrumental dan konseptual, serta hambatan epistemologis. Sedangkan hanya beberapa peserta didik yang mengalami hambatan didaktis. Kata kunci: Hambatan belajar, kemampuan representasi matematis iv ABSTRACT Learning obstacles are a condition where a person can not follow the learning process well, characterized by the presence of certain obstacles in achieving learning outcomes. The aim of this research is to analyze junior high school students' learning obstacles in their mathematical representation abilities in mathematical problems regarding polyhedra solid geometry. The types of learning obstacles are analyzed ontogeny obstacle including instrumental and conceptual, didactical, and epistemological obstacle. This type of research was descriptive qualitative. This research was conducted at SMP Negeri 1 Sidomulyo in the even semester of the 2023/2024 academic year. The subjects were three students from class VIII A who represented high, medium and low representation abilities. Used in this study triangulation of sources and techniques. The data collection techniques are used test, interview and documentation. Sources in interviews in this research were obtained from students and teachers. The results of this research show that the majority of students experience ontogeny obstacle that are instrumental and conceptual, as well as epistemological obstacle. Meanwhile, only a few students experienced didactical obstacle. Keywords: Learning Obstacles, mathematical representation ability
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 07:01 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 07:01 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34415 |
Actions (login required)
View Item |