PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEETS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP

ANISA, FADHIA HAYA (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEETS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1&2+DAPUS.pdf] PDF
Download (11MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian sebelumnya telah mengembangkan E-LKPD berbasis liveworksheet, namun belum ada yang mengintegrasikan E-LKPD dengan pendekatan matematika realistik dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kelayakan, daya tarik dan efektivitas E-LKPD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate). Teori model pengembangan yang mendukung penelitian ini adalah teori Branch. Metode pemilihan subjek didasarkan pada cluster random sampling. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas VIII di salah satu SMP di Bandar Lampung. Keberhasilan penelitian ditentukan melalui analisis uji kelayakan dan respon peserta didik. yang memperoleh kriteria sangat valid dan sangat menarik. Selain itu, terdapat uji efektivitas E-LKPD yang tergolong kriteria sedang sehingga menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis pendekatan matematika realistik layak dan efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik, Kemampuan Pemahaman Konsep. Kata kunci: E-LKPD, Pendekatan Matematika Realistik, Liveworksheets, Kemampuan Pemahaman Konsep iv ABSTRACT Previous research has developed live worksheet-based E-LKPD, but no one has integrated E-LKPD with a realistic mathematical approach in improving concept understanding abilities. This research aims to determine the feasibility, attractiveness and effectiveness of E-LKPD. The type of research used is research and development (R&D). The development model used is ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate). The development model theory that supports this research is Branch theory. The subject selection method is based on cluster random sampling. The research subjects were class VIII students at a junior high school in Bandar Lampung. The success of the research is determined through feasibility test analysis and student responses. which obtained very valid and very interesting criteria. Apart from that, there is a test of the effectiveness of E-LKPD which is classified as medium criteria, thus showing that E-LKPD based on a realistic mathematical approach is feasible and effective for use in improving students' conceptual understanding abilities, Concept Understanding Ability. Keywords: E-LKPD, Realistic Mathematics Approach, Liveworksheets, Concept Understanding Ability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Aug 2024 04:30
Last Modified: 05 Aug 2024 04:30
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34407

Actions (login required)

View Item View Item