Abdur, Rahmat Hidayatullah (2024) DEFRAGMENTING SISWA PADA KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP EKSPONEN (Studi pada kelas X di SMA Negeri 1 Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (5MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi tentang kesalahan struktur berpikir siswa pada kemampuan pemahaman konsep eksponen serta upaya defragmentingnya. Penelitian ini dilakukan pada siswa Kelas X Fase E8 SMAN 1 Bandar Lampung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Jenis penelitian adalah penelitian Studi Kasus, peneliti bertindak sebagai instrumen sekaligus pengumpul data serta mengamati. Metode pengumpulan data menggunakan: 1) Tes, 2) Wawancara mendalam serta 3) Dokumentasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian defragmenting yang sesuai untuk menata ulang struktur berpikir siswa adalah dengan pemberian disequilibrasi (memberikan intervensidan refleksi materi yang telah dipelajari), conflict cognitive (pertentangan konsep siswa dengan konsep ilmiah), scaffolding (pemberian bantuan dan pembentukan koneksi dalam struktur berpikir siswa). Ketiga subjek dalam penelitian memberikan respons yang berbeda pada saat peneliti memberikan defragmenting atau restrukturisasi. Walaupun masing-masing respon berbeda, tetapi dengan pemberian defragmenting dapat membantu siswa membenahi kemampuan pemahaman konsep.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 27 May 2024 07:42 |
Last Modified: | 27 May 2024 10:42 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33368 |
Actions (login required)
View Item |