PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC DENGAN ALAT PERAGA LAGA SUMATRI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KEMAMPUAN ANALISIS MATEMATIS PESERTA DIDIK

AINI, MARDIAH (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC DENGAN ALAT PERAGA LAGA SUMATRI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KEMAMPUAN ANALISIS MATEMATIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSII CETAK AINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi dan kemampuan analisis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran CIRC dengan alat peraga laga sumatri pada pokok bahasan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 14 Bandar Lampung pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini yaitu quasi experimental design dimana individu-individu yang menjadi subjek penelitian telah berada dalam kelompok-kelompok tertentu dengan tujuan tertentu, pada penelitian ini individu yang akan menjadi subjek adalah peserta didik. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 14 Bandar Lampung, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yaitu kelas XI-5 sebagai kelas eksperimen 1, kelas XI-2 sebagai kelas eksperimen 2, kelas XI-4 sebagai kelas eksperimen 3, kelas XI-6 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data yang digunakan ialah berupa soal uraian kemampuan komunikasi dan kemampuan analisis matematis. Data hasil tes kemampuan komunikasi dan kemampuan analisis matematis menggunakan uji MANOVA berbantuan software SPSS. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik lebih baik menggunakan model pembelajaran CIRC dengan alat peraga laga sumatri juga kemampuan analisis matematis mengalami peningkatan dengan menerapkan model pembelajaran CIRC dengan alat peraga laga sumatri. Selain itu peningkatan kemampuan komunikasi dan kemampuan analisis matematis peserta didik di SMAN 14 Bandar Lampung mengalami peningkatan secara signifikan dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran CIRC dengan alat peraga laga sumatri. Kata kunci : CIRC, Laga Sumatri, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Analisis Matematis iii ABSTRACT The purposes of this research were to know the influence of students' communication ability and analytical ability by using the CIRC learning model with Laga Sumatri props on the topic of trigonometric comparisons on right triangles. The research was conducted at SMAN 14 Bandar Lampung during the odd semester of the 2023/2024 academic year. The type of this research was a quasi-experimental design where the individuals who are the subjects of the research have been in certain groups with a specific purpose, in this research the individuals who will be the subjects are students. The population in this research is all the students in class XI of SMAN 14 Bandar Lampung, the sampling technique uses the simple random sampling technique, class XI-5 as the first experimental class, class XI-2 as the second experimental class, class XI-4 as the third experimental class, class XI�6 as a control class. The data collection used is in the form of a description of communication ability and mathematical analysis ability. The data from the communication ability test and mathematical analysis ability were used a MANOVA test with the help of SPSS software. The result of data analysis, it can be concluded that students' mathematical communication ability is better using the CIRC learning model with Laga Sumatri props, as well as their mathematical analysis ability is improved by applying the CIRC learning model with Laga Sumatri props. In addition, the improvement of communication ability and mathematical analysis ability of students at SMAN 14 Bandar Lampung have a significant increase by using a combination of the CIRC learning model with Laga Sumatri props. Keywords: CIRC, Laga Sumatri, Mathematical Communication Ability, Mathematical Analysis Ability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Apr 2024 07:31
Last Modified: 24 Apr 2024 08:15
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33057

Actions (login required)

View Item View Item