SITI, NUR AIDA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LAPS�HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS, KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah, berpikir reflektif dan penalaran matematis merupakan kemampuan-kemampuan yang perlu dimiliki peserta didik dalam pembelajaran matematika agar mampu menyelesaikan persoalan atau permasalahan matematika yang sedang dihadapi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah, berpikir reflektif dan penalaran matematis antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran LAPS-Heuristik dengan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan dokumentasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji Manova. Hasil analisis data uji Manova menunjukkan hasil sebagai berikut:1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis, kemampuan berpikir reflektif matematis dan kemampuan penalaran matematis antara peserta didik yang menggunakan model LAPS-Heuristik dengan model pembelajaran langsung, 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan berpikir reflektif matematis antara peserta didik yang menggunakan model LAPS�Heuristik dengan model pembelajaran langsung, 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan penalaran matematis antara peserta didik yang menggunakan model LAPS-Heuristik dengan model pembelajaran langsung, 4) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir reflektif matematis dan kemampuan penalaran matematis antara peserta didik yang menggunakan model LAPS-Heuristik dengan model pembelajaran langsung, 5) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik yang menggunakan model LAPS-Heuristik dengan model pembelajaran langsung, 6) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir reflektif matematis antara peserta didik yang menggunakan model LAPS�Heuristik dengan model pembelajaran langsung, 7) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara peserta didik yang menggunakan model LAPS-Heuristik dengan model pembelajaran langsung. Kata Kunci: Model LAPS-Heuristik, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dan Kemampuan Penalaran Matematis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 06:41 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 06:41 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32470 |
Actions (login required)
View Item |