PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ISSETCM2 DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP

DEVVI, MILA YUNIAR (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ISSETCM2 DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK DEVI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Integrating Society, Science, Environment, Technology, and Collaborative Mind Mapping (ISSETCM2) dan Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep, yang dilakukan oleh penulis pada peserta didik kelas VIII SMP PGRI 1 Waway Karya. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep peserta didik disebabkan karena kegiatan pembelajaran masih berpusat pada pendidik. Jenis penulisan Quasi Eksperimen Design dengan desain faktorial 1x2, populasi yang digunakan selurus siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Waway Karya dengan pembelajaran Matematika, teknik pengambilan sampel simple random sampling, sampel yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol. Pengumpulan data diperoleh dari instrumen tes, angket Disposisi Matematis, dokumentasi dan Observasi. Teknik yang digunakan Uji Ancova dengan metode Kolmogorov Smirnov untuk uji normalitas, uji homogenitas, Uji Homogenita Koefisien Regresi Linier dan Uji linieritas Regresi. Hasil analisi data, kedua kelompok tersebut normal dan homogen dilanjutkan uji ancova. Hasil hipotesis pertama terdapat pengaruh model pembelajaran ISSETCM2 terhadap kemampuan pemahaman konsep dengan mengontrol disposisi matematis. Hasil hipotesis kedua terdapat pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep. Hasil hipotesis ketiga terdapat pengaruh model pembelajaran ISSETCM2 dan disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep. Kata Kunci : model Integrating Society, Science, Environment, Technology, and Collaborative Mind Mapping (ISSETCM2), Disposisi Matematis Dan Kemampuan Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Feb 2024 03:28
Last Modified: 16 Feb 2024 03:53
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/32393

Actions (login required)

View Item View Item