HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LITERASI NUMERASI TERHADAP COMPUTER SELF EFFICACY PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DENGAN AKREDITASI BAIK

CAHYA, FITRIANI ADITYA PUTRI (2023) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LITERASI NUMERASI TERHADAP COMPUTER SELF EFFICACY PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DENGAN AKREDITASI BAIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI CAHYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemandirian belajar merupakan kemauan dan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah belajarnya, dengan inisiatif sendiri tanpa adanya campur tangan atau bantuan dari orang lain. Literasi numerasi merupakan kemampuan peserta didik untuk memperoleh dan menganalisis berbagai macam bentuk perhitungan matematika secara praktis dalam meyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Computer Self Efficacy merupakan keyakinan terhadap rasa percaya diri seseorang atas kemampuan menggunakan komputer yang berguna untuk menyelesaikan tugasnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat hubungan kemandirian belajar dan literasi numerasi terhadap computer self efficacy peserta didik secara langsung maupun tidak langsung. Pada penelitian ini analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan pendekatan penelitian kuantitatif menggunakan metode proportionate stratified random sampling. Populasi penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 2 Sragi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A - VIII E SMP Negeri 2 Sragi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 5 kelas dengan materi pola bilangan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket kemandirian belajar dan computer self efficacy, serta tes literasi numerasi. Analisis data dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan (1) terdapat hubungan signifikan antara kemandirian belajar terhadap computer self efficacy, (2) terdapat hubungan signifikan literasi numerasi terhadap computer self efficacy, (3) terdapat hubungan signifikan antara kemandirian belajar dan literasi numerasi terhadap computer self efficacy. Kata kunci : Kemandirian Belajar, Literasi Numerasi, Computer Self Efficacy. iv ABSTRACT Learning independence is the willingness and ability of students to solve their learning problems, on their own initiative without any interference or assistance from other people. Numeracy literacy is the ability of students to acquire and analyze various forms of mathematical calculations practically in solving problems in everyday life. Computer Self Efficacy is a person's confidence in their ability to use a computer to complete their tasks. The aim of this research is to see the relationship between learning independence and numeracy literacy on students' computer self-efficacy directly and indirectly. In this study, data analysis used multiple regression analysis with a quantitative research approach using the proportionate stratified random sampling method. The population of this study were students at SMP Negeri 2 Sragi. The sample in this research was class VIII A - VIII E of SMP Negeri 2 Sragi. The sampling technique in this research used the Slovin formula. The sample in this study used 5 classes with number pattern material. The instruments used in data collection were learning independence and computer self-efficacy questionnaires, as well as numeracy literacy tests. Analysis of the data in this study concluded that (1) there is a significant relationship between learning independence and computer self-efficacy, (2) there is a significant relationship between numeracy literacy and computer self-efficacy, (3) there is a significant relationship between learning independence and numeracy literacy towards computer self-efficacy . Keywords: Learning Independence, Numeracy Literacy, Computer Self Efficacy.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Dec 2023 03:53
Last Modified: 12 Dec 2023 11:33
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31466

Actions (login required)

View Item View Item