ZULFA, MUFIDAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KECERDASAN LINGUISTIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (1MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu hal penting yang perlu dimiliki siswa ketika belajar matematika. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Ma’arif 10 Bangunrejo, hal ini sesuai dengan hasil prapenelitian yang menunjukkan bahwa banyak siswa yang nilainya dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran brainstorming terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari kecerdasan linguistik. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimental design, populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Ma’arif 10 Bangunrejo. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling dengan instrumen penelitian berupa tes uraian dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Anova dua arah (Two Way Anova). Pengujian hipotesis menggunakan Anova dua arah dengan signifikasi 0,05 diperoleh bahwa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran brainstorming terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. (2) Tidak terdapat pengaruh kecerdasan linguistik terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran brainstorming dan kecerdasan linguistik terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci : model pembelajaran brainstorming, kecerdasan linguistik, kemampuan komunikasi matematis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 06:59 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 08:37 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31412 |
Actions (login required)
View Item |