ROHMAN, ADI YAFAH (2023) PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA MTs SATU ATAP BATUPUTIH BATURAJA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (8MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh minat membaca siswa di MTs Satu Atap Baturaja masih rendah sehingga siswa masih enggan untuk membaca di perpustakaan sekolah. Salah satu penyebab siswa minat baca yang rendah di perpustakaan adalah kurangnya pelayanan yang memadai, seperti kurangnya petugas perpustakaan yang membantu siswa dalam memilih buku atau memberikan saran bacaan yang sesuai dengan minat siswa, dapat membuat siswa merasa kurang tertarik untuk memanfaatkan perpustakaan dan ketersediaan buku yang terbatas dan kurangnya variasi buku dapat juga mempengaruhi minat membaca siswa dan kondisi perpustakaan yang kurang nyaman, seperti tempat duduk yang tidak ergonomis, pencahayaan yang kurang, dan ventilasi yang buruk, dapat membuat siswa tidak betah di perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif adalah pengumpulan data pada suatu latar alamiah dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive, teknik pengumpulan dengan triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif atau kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari generalisasi. Subjek penelitian ini menggunakan satu guru penjaga perpustakaan, satu orang kepala sekolah dan tiga orang siswa MTs Satu Atap Baturaja. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan dalam pelayanan perpustakaan di MTs Satu Atap Batuputih Baturaja sudah dilaksanakan dengan baik. Pelaksanaan pelayanan perpustakaan yang dilakukan dalam meningkatkan minat baca siswa diantaranya adalah adanya susunan tata ruang yang telah sesuai, susunan meja terlihat rapi, penyusunan buku pada rak sudah teratur sesuai dengan judul buku atau tema sehingga tidak beracak dan tidak bercampuran dengan buku-buku lain. Selain itu juga judul-judul buku menarik untuk di baca siswa. Namun demikian masih ada hambatan-hambatan yang dihadapi oleh kepala perpustakaan sekolah dan staf perpustakaan sekolah. pelayanan perpustakaan dalam peningkatan minat baca siswa antara lain: Kepala perpustaan dan staf perpustakaan terhambat dalam peminjaman buku kepada siswa. di sebabkan proses yang masih manual. Kurangnya fasilitas dan sarana prasarana. Kata Kunci : Pelayanan Perpustakaan, Minat Baca iv iv ABSTRACT The background of this research is that students' interest in reading at MTs One Roof Baturaja is still low, so students are still reluctant to read in the school library. One of the causes of students' low interest in reading in the library is the lack of adequate services, such as a lack of librarians who assist students in selecting books or provide reading suggestions according to students' interests, which can make students feel less interested in utilizing the library and the limited availability of books. and the lack of variety of books can also affect students' reading interest and uncomfortable library conditions, such as non-ergonomic seating, poor lighting, and poor ventilation, can make students feel uncomfortable in the library. This study uses a qualitative descriptive research method. Qualitative research is data collection in a natural setting with the intention of interpreting phenomena that occur where the researcher is a key instrument, sampling of data sources is carried out purposively, collection techniques are triangulation (combined), data analysis is inductive or qualitative, and the results of qualitative research are more emphasize the meaning of generalizations. The subject of this study used one librarian teacher, one school principal and three students of MTs One Roof Baturaja. The data collection technique used in this research is using interview data collection techniques, observation and documentation. Based on the results of this study, it shows that the implementation of library services at Batuputih Baturaja One Roof MTs has been carried out properly. The implementation of library services carried out in increasing students' interest in reading includes the arrangement of books on shelves that must be orderly in accordance with book titles or themes not random and not mixed with other books, the existence of appropriate spatial arrangements, book titles that are interesting to read, and the arrangement of desks must be neat in order to encourage students' interest in reading. Even though there is still a shortage of facilities and infrastructure that are not sufficient, the implementation of management at MTs One Roof Batuputih Baturaja is still being carried out properly and in accordance with established policies and procedures. The obstacles faced by the head and staff of the library in library services in increasing students' interest in reading include: Lack of available facilities and means, Lack of fiction reading books. The head and staff of the library are also hampered in distributing books to students because the staff in the library are not only in charge of the library, they are also teaching staff in class and concurrently in their work. Keywords: Library Services, Interest in Readin
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 03:47 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 03:47 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29883 |
Actions (login required)
View Item |