WAHYU NINGRUM , UMMUL (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN SOFTWARE GEOFEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIKKELAS X MATERI DIMENSI TIGA SMA NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF (SKRIPSI)
Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEPMATEMATIS PESERTA DIDIKKELAS XMATERI DIMENSI TIGA SMA NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016 Oleh UmmulWahyuNingrum Permasalahandalampenelitianiniadalahrendahnyakemampuanpemahamankonsepmatematis pesertadidikkhususnyapadabidanggeometri, haltersebutdipengaruhiolehpenggunaan modelpembelajaran yang kurangtepat, melihatpermasalahantersebut, penulistertarikuntukmenerapkan model pembelajarankooperatiftipe STAD berbantuansoftwaregeogebra.Tujuandalampenelitianiniadalahuntukmengetahuiapakahterda patpengaruhmodel pembelajarankooperatiftipe STAD berbantuansoftwaregeogebra, terhadappemahamankonsepmatematispesertadidik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, populasidalampenelitianiniadalahseluruhpesertadidikkelasX SMA Negeri 12 Bandar Lampung, teknikpengambilansampelnyamenggunakanacakkelas, sehinggakelas X.3 sebagaikelaseksperimen 1menerapkan model kooperatiftipe STAD, kelasX.5sebagaikelaseksperimen 2 menerapkan model kooperatiftipe STAD berbantuansoftwaregeogebradankelasX.4sebagaikelaskontrol.Teknikanalisis data dalampenelitianinimenggunakanAnavadanujikomparasigandamenggunakanujischeffe’. Berdasarkanhasilanalisis datamenggunakanujiAnavadiperolehnilaiF = 40,352> 3,09= F , berartiHditolak artinya terdapatpengaruhmodel pembelajarankooperatiftipe STAD berbantuansoftwaregeogebraterhadappemahamankonsepmatematispesertadidik. Pengujiandilanjutkandenganujischeffe’denganpenerimaan H untuk sertapenolakan H untuk dan .Berdasarkanhasil pengujiantersebutdiperolehkesimpulanbahwamodel pembelajarankooperatiftipe STAD berbantuansoftwaregeogebramemberikanpemahamankonsepmatematis yang lebihbaikdibandingkan model pembelajarankonvensional.Dilihat dari rata-rata marginal kelas, pesertadidikdenganpenerapanmodel pembelajarankooperatiftipe STAD berbantuansoftwaregeogebralebihtinggidibandingkan model pembelajarankonvensional. Kata Kunci :KooperatifTipe STAD, GeogebradanPemahamankonsepMatematis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni |
Date Deposited: | 12 Jan 2018 02:52 |
Last Modified: | 12 Jan 2018 02:52 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2974 |
Actions (login required)
View Item |