DELLA, VERONICA (2023) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, KEDISIPLINAN DAN KEBIASAAN BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS MATEMATIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 1 Rawajitu Selatan, dengan melihat rendahnya kemampuan analisis matematis siswa pada sebagian peserta didik dalam pembelajaran matematika. Salah satu faktor yang menonjol adalah faktor internal siswa itu sendiri, seperti halnya tidak disiplin dalam belajar dan kebiasaan belajar matematika kemudian faktor perhatian orang tua ikut serta dalam hasil belajar kemampuan analisis matematis. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua, kedisiplinan dan kebiasaan belajar terhadap kemampuan analisis matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah peserta didik di kelas VII yang berjumlah 160 peserta didik dengan sampel yang didapatkan berjumlah 115 peserta didik di SMP Negeri 1 Rawajitu Selatan tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan proportional random sampling. Instrumen yang digunakan ialah tes kemampuan analisis matematis dan angket (perhatian orang tua, kedisiplinan dan kebiasaan belajar). Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, metode regresi linear berganda, uji determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap kemampuan analisis matematis. 2) Kedisiplinan tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan analisis matematis. 3) Kebiasaan belajar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan analisis matematis. 4) Perhatian orang tua, kedisiplinan dan kebiasaan belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kemampuan analisis matematis peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Rawajitu Selatan. Kata kunci : Perhatian Orang Tua, Kedisiplinan, Kebiasaan Belajar Matematika Dan Kemampuan Analisis Matematis iv ABSTRACT Based on research conducted at SMP Negeri 1 Rawajitu Selatan, by looking at the low ability of students' mathematical analysis in some students in learning mathematics. One factor that stands out is the student's own internal factors, such as not being disciplined in learning and learning habits of mathematics then the factor of parental attention participates in the learning outcomes of mathematical analysis abilities. Therefore this research was conducted with the aim of knowing the effect of parental attention, discipline and study habits on students' mathematical analysis abilities. This type of research is quantitative research. The population used was students in class VII, totaling 160 students. The sample obtained was 115 students at SMP Negeri 1 Rawajitu Selatan for the 2022/2023 academic year. Sampling was done by proportional random sampling. The instruments used were tests of mathematical analysis abilities and questionnaires (parental attention, discipline and study habits). Data analysis techniques using the classical assumption test, multiple linear regression method, determination test and hypothesis testing. The results showed that: 1) Parental attention has a significant effect on mathematical analysis ability. 2) Discipline has no significant effect on mathematical analysis abilities. 3) Study habits have a significant effect on mathematical analysis abilities. 4) Parental attention, discipline and study habits together have a significant effect on the mathematical analysis abilities of class VII students at SMP Negeri 1 Rawajitu Selatan. Keywords: Parental Attention, Discipline, Study Habits Mathematics And Mathematical Analysis Ability
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 08:09 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 08:09 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29674 |
Actions (login required)
View Item |