Febri, Dwi Nadila (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING DAN SELF CONFIDENCE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Scaffolding dan Self Confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Bersumber dari hasil pra penelitian yang menginformasikan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah dan proses pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran ekspositori. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan metode Quasi Eksperimental Designs. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas VII SMP Al Huda Jatiagung. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling yang menghasilkan dua kelas yakni, kelas pertama (VII-B) mengaplikasikan model pembelajaran Scaffolding dan kelas kedua (VII-A) mengaplikasikan model ekspositori. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes postes kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbentuk soal uraian dan angket self confidence yang berbentuk pernyataan tertutup. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji Oneway Analysis of Covariance (ANCOVA), dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian ini yaitu (1) Terdapat pengaruh peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Scaffolding dan peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. (2) Terdapat pengaruh self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. (3) Terdapat pengaruh peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Scaffolding dan peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, dengan mengontrol self confidence. Kata Kunci: Scaffolding, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 04:20 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 04:20 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/29290 |
Actions (login required)
View Item |