NOVI, ERIYANTIKA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE (READING, IDENTIFIYING, CONSTRUCTING, SOLVING, REVIEWING, EXTENDING) DAN SELF CONFIDENCE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (7MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah merupakan suatu kemampuan yang penting dimiliki peserta didik dalam proses pembelajaran matematika. Berdasarkan pra penelitian yang telah dilakukan, terlihat bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di SMP Negeri Banjar Baru masih tergolong rendah, hal tersebut ditunjukkan oleh hasil pra penelitian kemampuan pemecahan masalah matematis kelas VII SMP Negeri Banjar Baru. Peserta didik memperoleh nilai dibawah KKM dengan nilai < sebanyak dari peserta didik. Peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran yang daoat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan dengan mengontrol self confidence peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RICOSRE dan self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian faktorial × . Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Banjar Baru. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan adalah cluster random sampling dengan materi bangun datar (segiempat dan segitiga). instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket self confidence dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Pengujian hipotesis menggunakan analysis of covariance (one-way ancova), dengan taraf signifikan diperoleh ( ) p-value = < α = sehingga HoA ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh model pembelajaran RICOSRE (Reading, Identifiying, Constructing, Solving, Reviewing, and Extending) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dengan mengontrol self confidence. ( ) p-value = < α = sehingga HoB ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh variabel kovariat self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. ( ) p-value = < α = sehingga HoC ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh secara simultan model pembelajaran RICOSRE dan self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran RICOSRE, Self Confidence dan Kemampuan pemecahan masalah matematis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 03:16 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 03:16 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28915 |
Actions (login required)
View Item |