MANAJEMEN HUMAS DENGAN DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI DI SMK NEGERI 3 KOTA BANDAR LAMPUNG

NINA, YUANNITA (2023) MANAJEMEN HUMAS DENGAN DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI DI SMK NEGERI 3 KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of TESIS NINA YUANNITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen hubungan masyarakat dengan dunia usaha dan industri adalah tahapan kerjasama antara sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, sehingga akan adanya hubungan timbal balik diantara keduanya, khususnya pada lembaga pendidikan. SMK Negeri 3 Bandar Lampung merupakan lembaga pendidikan yang memiliki 5 (lima) program studi yaitu tata boga, tata busana, tata kecantikan, perhotelan dan usaha perjalanan wisata. Dengan Tracer Study diperoleh data alumni yang berkerja selama 4 (empat) tahun terahir pada tahun ajaran 2017/2018 lulusan yang berkerja sebanyak 66,9%, tahun anggaran 2018/2019 lulusan yang berkerja sebanyak 72,4%, tahun ajaran 2019/2020 lulusanyang berkerja sebanyak 22,6% jumlah lulusan bekerja menurun karena pandemi nasional dan tahun ajaran 2020/2021 jumlah lulusan berkerja 72,2 % pada setiap tahunnya lulusan peserta didik bekerja sesuai dengan apa yang menjadi visi misi serta tujuan dan harapan sekolah. Program kerjasama lembaga pendidikan dengan dunia usaha dan dunia industri berupa validasi dan sinkronisasi kurikulum, kunjungan industri, program pemagangan atau praktik industri, program pelatihan, uji kompetensi kejuruan, program produksi dan program penyaluran lulusan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskipstif kualitatif. Tehnik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Hasil penlitian ini menunjukkan SMK Negeri 3 Bandar Lampung telah melaksanakan manajemen hubungan masyarakat dengan dunia usaha dan dunia industri dengan memperhatikan etika/kaidah/prinsip perpektif islam. Perencanaan menganalisa dunia usaha dan dunia industri yang akan bekerja sama, merencanakan program dalam proposal dan rancangan anggaran biaya kegiatan bersumber dari bantuan oprasional sekolah nasional dan komite, membentuk TIM dan melakukan komunikasi dengan dunia usaha dan dunia industri; pengorganisasian perancangan tanggung jawab dan wewenang setiap jabatan individual dan menetapkan jabatan-jabatan tersebut dikelompokkan dalam bagian-bagian tertentu yang tertuang dalam surat keputusan; pengendalian yang dilakukan sekolah adalah adanya TIM penanggungjawab, adanya waktu yang ditentukan dan adanya bentuk absen yang digunakan; evaluasi yang dilakukan sekolah adalah melakukan tahapan berupa tes peserta didik, melakukan rapat bersama terkait kesepakatan MoU dan menentukan kelangsungan kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industry serta melakukan evaluasi biaya. Komunikasi secara islam antara lain Qaulan Sadida (perkataan yang benar, jujur), Qaulan Baligha (tepat sasaran, komunikatif, to the point, mudah dimengerti), Qaulan Ma‟rufa (perkataan yang baik), Qaulan Karima (perkataan yang mulia), Qaulan Layyinan (perkataan yang lembut) dan terakhir dengan Qaulan Maysura (perkataan yang ringan) sehingga partisipasi dunia usaha dan dunia industri dapat terjalin dengan baik dalam jangka waktu yang lama. Kata Kunci: Manajemen humas, dunia usaha dan dunia industri, etika komunikasi dalam perspektip islam. ABSTRACT The management of public relations with the business and industrial world is a stage of cooperation between schools and the business and industrial world to achieve predetermined goals, so that there will be a reciprocal relationship between the two, especially in educational institutions. SMK Negeri 3 Bandar Lampung is an educational institution that has 5 (five) study programs, namely catering, fashion, beauty, hospitality and travel business. WithTracer Study data obtained from alumni who worked for the last 4 (four) years in the 2017/2018 academic year, 66.9% of graduates worked, 2018/2019 fiscal year, 72.4% of graduates worked, 2019/2020 school year, 22 graduates worked .6% of the number of working graduates has decreased due to the national pandemic and for the 2020/2021 school year the number of working graduates is 72.2% each year the graduates work in accordance with what is the vision and mission as well as the goals and expectations of the school. Collaboration programs between educational institutions and the business world and the industrial world include curriculum validation and synchronization, industrial visits, apprenticeship or industrial practice programs, training programs, vocational competency tests, production programs and graduate distribution programs. This study uses a qualitative descriptive approach. Data collection techniques with interviews, observation and documentation. Data analysis uses data reduction, data presentation and conclusions. Test the validity of the data using source triangulation and technical triangulation. The results of this research show that SMK Negeri 3 Bandar Lampung has implemented public relations management with the business world and the industrial world by paying attention to ethics/rules/principles from an Islamic perspective. Planning analyzes the world of business and industry that will work together, plans programs in proposals and drafts of activity budgets sourced from national school operational assistance and committees, forms a TEAM and communicates with the business world and the industrial world; organizing the design of the responsibilities and authorities for each individual position and stipulating these positions to be grouped into certain sections as stated in the decision letter; the control carried out by the school is the existence of a team in charge, the existence of a set time and the form of absence used; the evaluation carried out by the school is to carry out stages in the form of student tests, hold joint meetings related to the MoU agreement and determine the continuity of cooperation with the business world and the industrial world and carry out cost evaluations. Islamic communication includes Qaulan Sadida (true, honest words), Qaulan Baligha (right on target, communicative, to the point, easy to understand), Qaulan Ma'rufa (good words), Qaulan Karima (noble words), Qaulan Layyinan (gentle speech) and lastly with Qaulan Maysura (light speech) so that the participation of the business world and the industrial world can be well established in the long term. Keywords: Public relations management, business and industry, communication ethics in an Islamic perspective.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:22
Last Modified: 08 Jun 2023 02:22
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28507

Actions (login required)

View Item View Item