Deshayati, Ismi (2017) DESAIN DIDAKTIS KONSEP PECAHAN SD NEGERI 2 BANDING AGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Preview |
PDF
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana desain didaktis konsep pecahan pada pembelajaran matematika SD kelas V serta untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, keefektifan, serta kemenarikan dari desain didaktis. Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam memahami konsep pecahan serta learning obstacle yang dialami oleh peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini mengacu pada prosedur Borg and Gall, yaitu diawali dari studi pendahuluan untuk mendapatkan data kesulitan belajar (learning obstacle) yang dialami peserta didik, penyusunan desain didaktis, validasi desain didaktis, uji coba lapangan serta dilanjutkan dengan revisi. Pengumpulan data menggunakan angket serta tes hasil belajar. Teknis analisis data yang digunakan yaitu analisis kevalidan, kepraktisan, keefektifan serta kemenarikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) desain didaktis konsep pecahan SD kelas V ini yaitu berupa modul materi pecahan kelas V yang berdasarkan learning obstacle yang dialami oleh peserta didik, (2) Tingkat kevalidan modul desain didaktis konsep pecahan kelas V memperoleh kriteria kevalidan tinggi. Tingkat kepraktisan memperoleh kriteria sangat tinggi. Tingkat keefektifan memperoleh kriteria keefektifan sangat baik. Serta tingkat kemenarikan memperoleh kualitas aspek kemenarikan sangat menarik. Kata kunci : Desain Didaktis; Learning Obstacle; Pecahan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | PERPUSTAKAAN PUSAT UIN RIL |
Date Deposited: | 27 Nov 2017 06:52 |
Last Modified: | 27 Nov 2017 06:52 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2453 |
Actions (login required)
View Item |