ADELIA, ELMIANA (2023) ANALISIS KESALAHAN PENALARAN PROPORSIONAL DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ANALISIS KESALAHAN PENALARAN PROPORSIONAL DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA Oleh : Adelia Elmiana ABSTRAK Kesalahan penalaran proporsional adalah sebuah kekeliruan dalam memahami hubungan kuantitatif antara objek yang berdasar dengan konsep proporsi dan rasio.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan penalaran proporsional siswa dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan tingkat motivasinya dan faktor penyebab kesalahan penalaran proporsional dalam pemecahan masalahnya. Indikator penalaran proporsional yang digunakan yaitu (1) memahami kovariasi, (2) berpikir relatif, dan (3) mengetahui alasan penggunaan konsep proporsional. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMPIT Permata Bunda IBS Bandar Lampung pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini diambil dari siswa kelas IX dengan 6 orang siswa yang memiliki tingkat motivasi yang berbeda�beda. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket motivasi belajar, tes soal penalaran proporsional dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa mayoritas peserta didik melakukan kesalahan penalaran proporsional pada (1) kesalahan memahami soal. (2) kesalahan keterampilan proses, dan (3) kesalahan penulisan jawaban menurut teori Newman. Kata kunci: Kesalahan penalaran proporsional, motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 05:13 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 05:13 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23584 |
Actions (login required)
View Item |