ISNAINA, NUR HASANAH (2023) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi siswa SMP IT Permata Bunda Islamic Boarding School Bandar Lampung ditinjau dari gaya belajarnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang diambil adalah 6 orang siswa kelas IX yang masing-masing mempunyai gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan angket gaya belajar, tes tertulis, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian datdan penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yaitu membandingkan hasil tes kemampuan representasi dengan hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual dominan dengan kemampuan representasi visual, kemudian diikuti kemampuan representasi verbal, kemudian yang terakhir kemampuan representasi simbolik. Siswa dengan gaya belajar auditorial dominan dengan kemampuan representasi verbal, kemudian diikuti oleh kemampuan representasi visual, lalu kemampuan representasi simbolik. Siswa dengan gaya belajar kinestetik lebih dominan dengan kemampuan representasi visualnya, kemudian diikuti kemampuan representasi verbal, kemudian yang terakhir kemampuan representasi simbolik. Kata Kunci : Kemampuan Representasi, Gaya Belajar, Memecahkan Masalah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 07:40 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 07:21 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23257 |
Actions (login required)
View Item |