NANDA, NANDYA (2023) PENGARUH MODEL ISSETCM2 TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI ALJABAR DITINJAU DARI SELF REGULATION PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Integrating Society, Science, Environment, Technology, and Collaborative Mind Mapping (ISSETCM2) Terhadap Kemampuan Literasi Aljabar Ditinjau Dari Self Regulation, yang dilakukan oleh peneliti pada peserta didik kelas VII MTsN 1 Tanggamus. Rendahnya kemampuan literasi aljabar peserta didik disebabkan karena kegiatan pembelajaran masih berpusat pada pendidik. Jenis penelitian Quasi Eksperimen Design dengan desain faktorial 2x3, populasi yang digunakan selurus siswa kelas VII MTsN 1 Tanggamus dengan pembelajaran Matematika, teknik pengambilan sampel simple random sampling, sampel yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol. Pengumpulan data diperoleh dari instrumen tes, angket Self Regulation dan Observasi. Teknik yang digunakan Uji Anova dua jalan dengan metode Kolmogorov Smirnov untuk uji normalitas dan homogeneity of variances untuk uji homogenitas.Hasil analisi data, kedua kelompok tersebut normal dan homogen dilanjutkan uji anova dua jalan. Hasil hipotesis pertama terdapat pengaruh model pembelajaran (ISSETCM2) untuk meningkatkan kemampuan literasi aljabar siswa. Hasil hipotesis kedua terdapat pengaruh pada hasil akhir kemampuan literasi aljabar dari siswa yang memiliki kategori self regulation tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan literasi aljabar siswa pada materi Operasi Bentuk Aljabar. Hasil hipotesis ketiga tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran (ISSETCM2) dan model ekspositori ditinjau dari Self Regulation siswa terhadap kemampuan literasi aljabar. Kata Kunci : model Integrating Society, Science, Environment, Technology, and Collaborative Mind Mapping (ISSETCM2), Kemampuan Literasi Aljabar Dan Self Regulation
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 07:07 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 07:07 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23039 |
Actions (login required)
View Item |