PENGARUH STRATEGI GENIUS LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA PAPAN KOORDINAT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

NURBAITI, Taslim (2023) PENGARUH STRATEGI GENIUS LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA PAPAN KOORDINAT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Cetak Nurbaiti 1811050282 pdf.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep matematis dan Komunikasi matematis merupakan hal yang sangat penting bagi peserta didik dalam pembelajaran matematika. Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis dan komunikasi matematis peserta didik di SMP Negeri 1 Abung Tinggi, hal ini dibuktikan dengan hasil prapenelitian yang menunjukkan bahwa banyak peserta didik yang mendapat nilai dibawah KKM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh strategi genius learning berbantuan alat peraga papan koordinat terhadap pemahaman konsep matematis dan komunikasi matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan Quasy Experimental Design, populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Abung Tinggi. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling dengan instrument penelitian berupa tes uraian. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah MANOVA Pengujian hipotesis menggunakan MANOVA dengan derajat signifikasi 0,05. Dari uji tersebut diperoleh nilai p-value sebesar 0,000. Hal itu menunjukkan bahwa p-value < 0,05 sehingga H0A, H0B, H0AB ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh strategi genius learning berbantuan alat peraga papan koordinat terhadap pemahaman konsep matematis dan komunikasi matematis peserta didik. (2) Terdapat pengaruh strategi genius learning berbantuan alat peraga papan koordinat terhadap pemahaman konsep matematis. (3) Terdapat pengaruh strategi genius learning berbantuan alat peraga papan koordinat terhadap komunikasi matematis peserta didik Kata Kunci: Genius learning, alat peraga papan koordinat, pemahaman konsep matematis, komunikasi matematis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:39
Last Modified: 25 Jan 2023 03:39
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22871

Actions (login required)

View Item View Item