SRI, WAHYUNI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY (MPMK) BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (3MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Pemahaman konsep matematis adalah kemampuan paling awal yang harus dimiliki dalam pembelajaran matematika sehingga sebagai pondasi untuk mencapai kemampuan-kemampuan matematis lainnya. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII di SMP Negeri 7 Krui. Merujuk pada hasil pra penelitian yang sudah dilakukan bahwa pemahaman konsep peserta didik masih tergolong rendah. Melihat hal ini, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran matematika knisley berbantuan dengan media video pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada pengaruh model pembelajaran matematika Knisley (MPMK) berbantuan media video pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya belajar peserta didik. Jenis penelitian Quasi Eksperiment Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 7 Krui. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluser random sampling yang kemudian diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran matematika Knisley (MPMK) berbantuan media video pembelajaran, dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan menggunakan model Direct Instruction. Insturmen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah test kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket gaya belajar peserta didik. Hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan anova dua jalur. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 5%, sehingga hasil analisis datanya yaitu (1) terdapat pengaruh model pembelajaran matematika Knisley (MPMK) berbantuan media video pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematis. (2) terdapat perbedaan antara gaya belajar kategori visual, auditorial, dan kinestetik terhadap pemahaman konsep matematis. (3) tidak terdapat interaksi antara faktor model pembelajaran dan gaya belajar terhadap pemahaman konsep matematis. Kata kunci : Model Pembelajaran Matematika Knisley, pemahaman konsep matematis, gaya belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 08:11 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 08:21 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22678 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |