Aisyah, Hanisalia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERBANTUAN LISTEN, EXPLORE, ANALYZE, DO (LEAD) ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (1MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan LEAD adversity quotient terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemandirian belajar. Bersumber dari hasil pra penelitian yang menginformasikan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah, kurangnya partisipasi siswa, dan proses pembelajaran masih menggunakan model konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah cluster random sampling dengan materi bilangan berpangkat dan bentuk akar. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas IX SMP Al Huda Jati Agung. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX B sebagai kelas kontrol dan kelas IX A sebagai kelas eksperimen Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama, dengan taraf signifikansi 5% diperoleh bahwa pada efek utama A (model pembelajaran) diperoleh hasil bahwa untuk Fhitung 0.046, sehingga ditolak. Pada efek utama B (kemandirian belajar) diperoleh hasil bahwa untuk Fhitung 0.086, sehingga diterima. Pada efek interaksi AB (model pembelajaran dan kemandirian belajar) diperoleh hasil bahwa untuk Fhitung 0.648, sehingga diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan LEAD adversity quotient terhadap pemecahan masalah matematis dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, (2) tidak terdapat pengaruh kemandirian belajar siswa dengan pemecahan masalah matematis peserta didik, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan LEAD adversity quotient dan kemandirian belajar peserta didik terhadap pemecahan masalah matematis peserta didik. Kata Kunci : Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan LEAD Adversity Quotient, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 07:00 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 07:00 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22471 |
Actions (login required)
View Item |