NOVA, NURIA AZAHRA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE CREATIVITY (CC) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Kemampuan berpikir reflektif matematis dan keterampilan kolaborasi merupakan kemampuan yang penting dimiliki dan dikuasai oleh setiap peserta didik agar mempermudah kegiatan belajar mengajar. Berpikir reflektif matematis merupakan suatu kemampuan dimana peserta didik menggunakan daya serap terhadap ilmu pengetahuan yang telah dimiliki untuk menghubungkan dengan pengalaman pribadi, memberikan informasi penting, serta mampu memberikan kesimpulan terhadap penyelesaian soal. Sedangkan keterampilan kolaborasi merupakan keterampilan yang menekankan peserta didik untuk bersinergi dalam berbagi tanggung jawab, akuntabilitas, serta berperan dalam mencapai pemahaman bersama mengenai permasalahan juga solusinya. Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kemampuan berpikir reflektif matematis di SMP Negeri 6 Tulang Bawang Barat berdasarkan hasil pra penelitian. Peneliti tertarik untuk menerapkan model Collaborative Creativity terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis dan keterampilan kolaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis dan keterampilan kolaborasi peserta didik (2) pengaruh model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik (3) pengaruh model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Experiment. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling, kelas VII A sebagai kelas kontrol dan VII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes, angket, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Multivariate Analysis Of Varians (Manova). Berdasarkan penelitian dan hitung uji manova diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Collaborative Creativity terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis dan keterampilan kolaborasi peserta didik Kata Kunci : Collaborative Creativity, Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis, dan Keterampilan Kolaborasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 06:59 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 08:22 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21989 |
Actions (login required)
View Item |