RANI, WARDANI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HEURISTIK KRULIK RUDNICK BERBASIS RME TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK Pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa dalam belajar matematika. Berdasarkan hasil pra penelitian yang dilakukan dikelas VIII SMP Al-Huda Jati Agung diperoleh persentase sebesar 0% untuk siswa yang memperoleh nilai diatas KKM dan 100% siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM. Rendahnya pemahaman konsep matematis siswa disebabkan karena model pembelajaran yang terkesan monoton dan tidak menuntut aktif siswanya pada saat proses belajar mengajar. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian menggunakan model pembelajaran Heuristik Krulik Rudnick Berbasis RME dengan tujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran Heuristik Krulik Rudnick Berbasis RME terhadap pemahaman konsep matematis, (2) pengaruh self efficacy (tinggi, sedang dan rendah) terhadap pemahaman konsep matematis, (3) interaksi antara model pembelajaran Heuristik Krulik Rudnick Berbasis RME dan self efficacy (tinggi, sedang dan rendah) terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment design menggunakan posttest only control design dengan desain faktorial 23. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Huda Jati Agung. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak menggunakan teknik pengambilan sampel cluster random sampling, yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes pemahaman konsep matematis berupa soal uraian dan angket. Uji Prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan Analisis Variansi (ANAVA) dua jalur sel tak sama. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Heuristik Krulik Rudnick Berbasis RME terhadap pemahaman konsep matematis, (2) tidak terdapat pengaruh self efficacy (tinggi, sedang dan rendah) terhadap pemahaman konsep matematis, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Heuristik Krulik Rudnick Berbasis RME dan self efficacy (tinggi, sedang dan rendah) terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci : Heuristik Krulik Rudnick, RME, Self Efficacy, Pemahaman Konsep Matematis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 05 Oct 2022 08:27 |
Last Modified: | 05 Oct 2022 08:27 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21224 |
Actions (login required)
View Item |