ADELA, DEFIANA (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa SMA dalam menyelesaikan soal matematika pada materi persamaan kaudrat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah tiga orang yang mewakili kemampuan tingg, kemampuan sedang dan kemampuan rendah. Teknik penelitian yang digunak yaitu teknik tes dan wawancara. soal tes yang diberikan berjumlah 3 soal yang digunakan untuk menganalisis kesalahan konsep, kesalahan prinsip dan kesalahan perhitungan. Sedangkan wawancara digunakan untuk meneliti lebih mendalam terkait hasil tes yang telah diberikan. Teknik yang digunakan untuk menganalisis deskripsi dari hasil tes dan wawancara dengan tahap reduksi, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang menunjukan bahwa subjek berkemampuan tinggi tidak melakukan kesalahan konsep dan kesalahan prinsip. Akan tetapi subjek berkemampuan tinggi melakukan keslaahan perhitungan dikarenakan kurang teliti dalam penulisan simbol. Kemudian subjek berkemampuan sedang tidak melakukan kesalahan konsep namun subjek melakukan kesalahan prinsip dan kesalahan perhitungan pada saat menentukan akar-akar persamaan kaudrat pada soal cerita. Subjek berkemampuan rendah melakukan 3 kesalahan dalam menentukan akar-akar persamaan kuadrat yaitu subjek melakukan kesalahan konsep, kesalahan prinsip dan keslahan perhitungan. Kata kunci: kesalahan konsep, kesalahan prinsip, keslahan perhitungan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 06:56 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 06:56 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20651 |
Actions (login required)
View Item |