PUTRI, FADHILAH ULFAH (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SCHOOLOGY TERHADAP PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apakah ada peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan model pembelajaran Blended Learning Berbantuan Media Schoology. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah quasy experiment design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan tes. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas X SMK SMTI Bandar Lampung dengan teknik cluster random sampling, dalam penelitian ini menggunakan dua kelas X yang dipilih secara acak. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Blended Learning, dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis menggunakan analisis data menggunakan uji Manova. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran blended learning berbantuan schoology terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis peserta didik. Hal ini dapat diliat perhitungan menggunakan MANOVA diperoleh tingkat signifikan 0,000 dan nilai α kriteria uji = 0.05 yang berarti nilai p-value < α. Sehingga H0AB ditolak. Kata Kunci : Blended Learning, Schoology, Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah Matematis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 04:39 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 04:39 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19930 |
Actions (login required)
View Item |