PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK

SELVA, LARISSA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SELVA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berpikir kritis matematis adalah suatu proses berpikir untuk meyelesaikan suatu masalah dimana suatu masalah harus dianalisis, diidentifikasi, dikaitkan dengan konsep lain, selanjutnya dievaluasi sebelum dibuat suatu kesimpulan untuk penyelesaian masalah yang dihadapi. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik di SMPN 12 Kotabumi masih rendah. Penyebab rendah kemampuan berpikir kritis matematis disebabkan karena kurang tepatnya penggunaan model pembelajaran yang membuat peserta didik kurang aktif selama proses pembelajaran, sehingga dibutuhkan inovasi baru dalam pembelajaran matematika untuk mengembangkan kemampuan tersebut. Penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) diharapkan dapat memperbaiki masalah tersebut. Jenis penelitian Quasy Experimental. Populasi adalah peserta didik kelas VIII SMPN 12 Kotabumi. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang dipilih dengan teknik acak kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis menggunakan anova dua arah sel tak sama, dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil uji anova dua arah sel tak sama diperoleh kesimpulan: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis, (2) tidak terdapat pengaruh antara peserta didik dengan disposisi matematis tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan berpikir kritis matematis, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan disposisi matematis peserta didik terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Kata Kunci : Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP), Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Disposisi Matematis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jul 2022 04:18
Last Modified: 14 Jul 2022 04:18
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19787

Actions (login required)

View Item View Item