Eva, Nurviana (2022) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DAN IQ TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MA MIFTAHUL HUDA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Kemampuan representasi matematis merupakan kemampuan yang memungkinkan peserta didik untuk menyajikan kembali simbol, notasi, gambar, grafik, diagram, persamaan atau ekspresi matematis yang tujuannya untuk memudahkan dan memperjelas penyelesaian permasalahan yang diberikan. Penelitian kuantitatif ini mengkaji kemampuan representasi matematis peserta didik dengan mengimplementasikan model discovery learning dan IQ sebagai pengontrol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan representasi matematis dengan mengontrol IQ peserta didik dan pengaruh variabel kovariat IQ terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik, serta pengaruh secara simultan model discovery learning dan IQ terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa MA, dengan rincian 30 siswa belajar menggunakan model discovery learning dan 30 siswa belajar dengan metode ekspositori. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes uraian dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan uji one-way ancova, hasil dari uji hipotesis yaitu terdapat pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan representasi matematis dengan mengontrol IQ peserta didik dan terdapat pengaruh variabel kovariat IQ terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik, serta terdapat pengaruh secara simultan model discovery learning dan IQ terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, IQ, Representasi Matematis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 07:11 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 07:11 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19755 |
Actions (login required)
View Item |