PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLYREPETITION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

MASAYU, FIKA FATIMAH (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLYREPETITION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_MASAYU FIKA FATIMAH_MUNAQASYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pemahaman konsep yang baik akan mempermudah siswa menerima dan mengaplikasikan pada memecahkan masalah yang sudah dihadapi, pemahaman konsep penting agar dapat menyesuaikan perkembangan zaman.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui eksperimentasi model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari Motivasi Belajar di MTs Ma’arif 1 Bumi Mulya. Jenis penelitian Quasi EksperimenDesign dengan desain faktorial 2x3, populasi yang digunakan selurus siswa kelas VIII MTs Ma’arif 1 Bumi Mulya dengan pembelajaran Matematika, teknik pengambilan sampel cluser random sampling, sampel yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol. Pengumpulan data diperoleh dari instrumen tes, angket Motivasi Belajar dan Observasi. Teknik yang digunakan Uji Anova dua jalan dengan metode Kolmogorov Smirnov untuk uji normalitas dan homogeneity of variances untuk uji homogenitas.Hasil analisi data, kedua kelompok tersebut normal dan homogen dilanjutkan uji anova dua jalan. Hasil hipotesis pertama terdapat pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition untuk meningkatkan kemamouan pemahaman konsep matematis siswa. Hasil hipotesis kedua terdapat pengaruh pada hasil akhir kemampuan pemahaman konsep matematis dari siswa yang memiliki kategori motivasi tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Relasi dan Fungsi. Hasil hipotesis ketiga tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition dan model ekspositori ditinjau dari motivasi belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Kata Kunci :Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Jul 2022 03:22
Last Modified: 01 Jul 2022 03:22
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19644

Actions (login required)

View Item View Item