MASAYU, FIKA FATIMAH (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLYREPETITION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Pemahaman konsep yang baik akan mempermudah siswa menerima dan mengaplikasikan pada memecahkan masalah yang sudah dihadapi, pemahaman konsep penting agar dapat menyesuaikan perkembangan zaman.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui eksperimentasi model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari Motivasi Belajar di MTs Ma’arif 1 Bumi Mulya. Jenis penelitian Quasi EksperimenDesign dengan desain faktorial 2x3, populasi yang digunakan selurus siswa kelas VIII MTs Ma’arif 1 Bumi Mulya dengan pembelajaran Matematika, teknik pengambilan sampel cluser random sampling, sampel yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol. Pengumpulan data diperoleh dari instrumen tes, angket Motivasi Belajar dan Observasi. Teknik yang digunakan Uji Anova dua jalan dengan metode Kolmogorov Smirnov untuk uji normalitas dan homogeneity of variances untuk uji homogenitas.Hasil analisi data, kedua kelompok tersebut normal dan homogen dilanjutkan uji anova dua jalan. Hasil hipotesis pertama terdapat pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition untuk meningkatkan kemamouan pemahaman konsep matematis siswa. Hasil hipotesis kedua terdapat pengaruh pada hasil akhir kemampuan pemahaman konsep matematis dari siswa yang memiliki kategori motivasi tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Relasi dan Fungsi. Hasil hipotesis ketiga tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition dan model ekspositori ditinjau dari motivasi belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Kata Kunci :Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 01 Jul 2022 03:22 |
Last Modified: | 01 Jul 2022 03:22 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19644 |
Actions (login required)
View Item |