KHUMAEROTUL, FAJRIAH (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KADIR (KONEKSI, APLIKASI, DISKURSUS, IMPROVISASI DAN REFLEKSI) DENGAN STRATEGI GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP KEMAMPUAN GENERALISASI MATEMATIS DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Kemampuan Generalisasi Matematis merupakan suatu proses berpikir tingkat tinggi dalam matematika. Terdapat empat tahap generalisasi, yaitu (1) perception of generality, yaitu proses mempersepsi atau mengidentifikasi pola; (2) expression of generality, yaitu menentukan struktur atau data atau gambaran atau suku berikutnya dari hasil temuan atau identifikasi pola; (3) symbolic expression of generality, yaitu memformulasikan keumuman secara simbolis; (4) manipulation of generality, yaitu menyelesaikan masalah dengan menggunakan hasil generalisasi. Kemampuan generalisasi matematis tidak hanya mengharuskan peserta didik untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang diberikan guru, tetapi lebih pada proses untuk menyimpulkan suatu konklusi yang bersifat umum dari premis-premis berbentuk proporsi matematik. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa rendahnya kemampuan generalisasi matematis peserta didik MTs SA Raudhlatul Huda Al-Islamy Sidomulyo, hal ini ditunjukkan oleh hasil tes kemampuan generalisasi matematis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran KADIR (Koneksi, Aplikasi, Diskursus, Improvisasi dan Refleksi) dengan strategi Group to Group Exchange terhadap kemampuan generalisasi matematis ditinjau dari disposisi matematis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yaitu Quasi Experimental Designdengan rencana faktorial 4 × 3. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs SA Raudhlatul Huda Al-Islamy Sidomulyo. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B, VII C, VII D dan kelas VII E. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes kemampuan generalisasi matematis dan angket disposisi matematis. Teknik analisis data penelitian ini yaitu uji analisis varians dua jalur dengan sel yang berbeda dengan taraf signifikan 0,05 dan diperoleh kesimpulan (1) terdapat pengaruh model pembelajaran KADIR dengan strategi Group to Group Exchange terhadap kemampuan generalisasi matematis ditinjau dari literasi lingkungan peserta didik, (2) tidak terdapat pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan generalisasi matematis peserta didik, (3) tidak terdapat interaksi antara disposisi matematis dan model pembelajaran KADIR dengan strategi Group Exchangeterhadap kemampuan generalisasi matematis peserta didik Kata Kunci: Model Pembelajaran KADIR, Strategi Group Exchange, Kemampuan Generalisasi Matematis, Disposisi Matematis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 04:40 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 04:40 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19501 |
Actions (login required)
View Item |