NADIA, EKA PUTRI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NOVICK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KUBUS DAN BALOK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
ABSTRAK Pemahaman konsep sangat penting bagi peserta didik dikarenakan konsep matematika saling berhubungan. Namun belakangan ini muncul fakta bahwa kemampuan pemahaman konsep masih rendah, terutama pada materi kubus dan balok. Sehingga diperlukan penerapan strategi pembelajaran baru untuk melatihnya, yaitu model pembelajaran Novick. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki apakah kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi kubus dan balok yang menggunakan model pembelajaran Novick lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen, desainnya nonequivalent posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Bhakti Pemuda, Tanjung Bintang , dengan sampel siswa kelas VIIIA (32 siswa) dan kelas VIIIB (31 siswa) secara Random Sampling. Instrumen berupa tes uraian, tentang kemampuan pemahaman konsep sebanyak 6 soal dengan 8 butir pertanyaan. Hasil penelitian memperlihatkan rata-rata nilai kemampuan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen sebesar 54,97 dan siswa kelas kontrol sebesar 45,27. Hasil dari uji Anakova data posttest diperoleh zhitung = 2,43 > ztabel = 1,65. Artinya, kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran Novick lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: pemahaman konsep, Model Pembelajaran Novick, kubus dan balok
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 02 Jun 2022 03:16 |
Last Modified: | 02 Jun 2022 03:16 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19342 |
Actions (login required)
View Item |