ADE, RAHAYU WULANDARI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep matematis pada pembelajaran matematika adalah suatu kemampuan yang perlu dikuasai oleh setiap peserta didik dalam proses pembelajaran dan menyelesaikan berbagai permasalahan matematika. Hasil pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII B di SMP Negeri 19 Mesuji masih tergolong rendah, hal ini terlihat dalam hasil ujian tengah semester genap tahun ajaran 2020/2021 dimana peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 9 dari 30 peserta didik. Salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari tipe kepribadian peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Quasi Experimen Design dengan rancangan penelitian faktorial. Sampel dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas VII A dan kelas VII B SMP Negeri 19 Mesuji. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Cluster Random Sampling (teknik acak kelas). Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji Anava Dua Jalan (Two Way Analysis of Variance). Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan anava dua jalan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Tidak terdapat pengaruh tipe kepribadian peserta didik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi segiempat. Tidak terdapat interaksi antara perlakuan model pembelajaran Kooperatif tipe Rotating Trio exchange (RTE) dan tipe kepribadian terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi segiempat. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE), Kemampuan Pemahaman konsep matematis, Tipe Kepribadian
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 02:52 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 02:52 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18952 |
Actions (login required)
View Item |