YENI, ARISTA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRYTIPE PICTORIAL RIDDLEDENGAN STRATEGI HEURISTIKVEE TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL PESERTA DIDIK SMP TMI ROUDLATULQUR’AN METRO. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK Kemampuan spasial merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil pra penelitian yang dilakukan di SMP TMI Roudlatul Qur’an Metro kelas VIII diketahui bahwa banyak peserta didik yang masih menganggap matematika merupakan suatu mata pelajaran yang sulit dipahami dan kurang menarik, proses pembelajaran kurang bervariasi yang menyebabkan kemampuan spasial peserta didik masih rendah. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan penggunaan model pembelajaran inquiry tipe pictorial riddle dengan strategi heuristik vee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry tipe pictorial riddle dengan strategi heuristik vee terhadap kemampuan spasial peserta didik kelas VIII SMP TMI Roudlatul Qur’an Metro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperiment Design dengan desain posttest only control. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas VIII SMP TMI Roudlatul Qur’an Metro, dengan teknik pengambilan sampel acak kelas yang diperoleh kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen 1, kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas VIII.E sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan spasial dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis statistik yaitu anava satu jalan. Berdasarkan data yang diperoleh dengan taraf signifikan 0,05 yaitu 37,272 dan 3,101 nilai maka ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry tipe pictorial riddle dengan strategi heuristik vee terhadap kemampuan spasial peserta didik. Pengujian dilanjutkan dengan uji komparasi ganda yang dapat disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran inquiry tipe pictorial riddle dengan strategi heuristik vee sama baiknya dengan model pembelajaran inquiry tipe pictorial riddle (2) model pembelajaran inquiry tipe pictorial riddle dengan strategi iii heuristik vee lebih baik daripada model pembelajaran konvensional (3) model pembelajaran inquiry tipe pictorial riddle lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Kesimpulannya bahwa model pembelajaran inquiry tipe pictorial riddle dengan strategi heuristik vee mempunyai pengaruh terhadap kemampuan spasial peserta didik, dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional yang diterapkan oleh pendidik di sekolah. Kata Kunci: Model Inquiry tipe Pictorial Riddle, Strategi Heuristik Vee, kemampuan Spasial
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 02 Mar 2022 06:51 |
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:51 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17921 |
Actions (login required)
View Item |