Sholehawati, Linda (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING ORGANIZING REFLECTING EXTENDING (CORE) MODIFIKASI GAMES MANIPULATIVES ACTIVITIES (GEMA) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMPETENSI STRATEGIS SISWA KELAS VIII SMP PGRI 1 PALAS TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan kompetensi strategis matematis siswa. Hal tersebut dapat diketahui pada saat diberikan soal berupa uraian siswa langsung menjawab pertanyaan tanpa menguraikan langkah-langkah dalam mengerjakan soal. Selain itu di sekolah tersebut juga belum maksimal dalam menggunakan model dan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Connecting, Organizing, Reflecting and Extending (CORE) modifikasi Games, Manipulatives, Activities (GeMA) terhadap peningkatan kemampuan kompetensi strategis matematis . Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental design (desain eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Palas tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik acak kelas. Teknik pengumpulan data berupa soal tes kemampuan kompetensi strategis berupa soal uraian, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis varian satu jalan dengan sel tak sama. 4 Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi satu jalan dengan sel tak sama, dengan taraf signifikan 0,05 dari hasil data diperoleh Fobs = 4,791 dan Ftabel = 3,104. Nilai Fobs > Ftabel maka H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting and Extending (CORE) modifikasi Games, Manipulatives, Activities (GeMA) terhadap peningkatan kemampuan kompetensi strategis matematis siswa. Berdasarkan hasil komparasi ganda dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting and Extending (CORE) modifikasi Games, Manipulatives, Activities (GeMA) lebih baik dibandingkan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting and Extending (CORE) dan model pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 31 Oct 2017 02:24 |
Last Modified: | 31 Oct 2017 02:24 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1766 |
Actions (login required)
View Item |