ICHA, JUSMALISA (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GMRL TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Kemampuan penalaran dan koneksi matematis sangat diperlukan untuk dikuasai oleh peserta didik sebagai penunjang dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa rendahnya kemampuan penalaran dan koneksi matematis peserta didik kelas VIII SMP Darul Falah Bandar Lampung, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu kurang variatifnya model pembelajaran yang diterapkan. Peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran dan koneksi matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran GMRL. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh kemampuan penalaran dan koneksi matematis antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran GMRL dengan model pembelajaran direct instruction, (2) pengaruh kemampuan penalaran antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran GMRL dengan model pembelajarann direct instruction, dan (3) pengaruh kemampuan koneksi matematis antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran GMRL dengan model pembelajaran direct instruction. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasy Experimen. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Darul Falah Bandar Lampung, serta sampel dipilih dengan cluster random sampling yaitu kelas VIII A dan B. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Manova dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan (1) terdapat pengaruh kemampuan penalaran dan koneksi matematis antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran model GMRL dengan model pembelajaran direct instruction. (2) terdapat pengaruh kemampuan penalaran antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran GMRL dengan model pembelajaran direct instruction (3) terdapat pengaruh kemampuan koneksi matematis antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran GMRL dengan model pembelajaran direct instruction. Kata Kunci : Model pembelajaran GMRL, Penalaran dan Koneksi Matematis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 31 Jan 2022 07:30 |
Last Modified: | 31 Jan 2022 07:30 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17471 |
Actions (login required)
View Item |