PUTRI, DIAN PERTIWI (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) BERBANTUAN ALAT PERAGA DI SMP/MTs. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik melalui pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) berbantuan alat peraga. Penelitian ini merupakanupenelitian kuantitatif dengan jenis QuasyuExperiment Design. Populasi dalam penelitian iniuadalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Bahrul Ulum Krawangsari Natar Lampung Selatan, dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas sebagai sampel, yaitu satu kelas eksperimen menggunakan pendekatan pembelajaran Rigorous Mathematical Thinking (RMT) berbantuanualat peraga dan kelasukontrol menggunakan model discovery learning. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji Lilifors dan uji homogenitas dengan uji Bartlet, sedangkan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan independent sampel t test, dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh Sig. 0,006 < α = 0,05, berarti H0 ditolak maka terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan N-Gain bahwa kelas eksperimen mendapat rata-rata 0,59 sedangkan kelas kontrol mendapat rata-rata 0,46. Dan dari perhitungan N-Gain tersebut didapat bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis melalui pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) berbantuan Alat Peraga lebih baik dari pada peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik melalui pembelajaran secara konvensional. Kata Kunci: Rigorous Mathematical Thinking, Alat Peraga, Kemampuan Representasi Matematis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 31 Jan 2022 02:51 |
Last Modified: | 31 Jan 2022 02:51 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17452 |
Actions (login required)
View Item |