DHIKA, RAYI ARTANIA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DAN CURIOSITY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (5MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep matematis ialah suatu kemampuan yang penting dalam matematika. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) dan Curiosity terhadap pemahaman konsep matematis siswa SMP. Penelitian ini ialah penelitian kuantitatif. Populasi dipenelitian ini ialah seluruh kelas VIII MTs Ma’arif NU 5 Sekampung. Sampel yang digunakan ialah kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) dan kelas VIII.B sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran ekspositori. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematis serta angket curiosity. Uji hipotesis menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama. Uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Barlett. Dari hasil analisis diperoleh H0A ditolak, Fhitung > Ftabel yaitu 10,285 > 4,13. Dengan begitu, ada pengaruh model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap pemahaman konsep matematis siswa. H0B ditolak, Fhitung > Ftabel yaitu 51,53 > 3,28. Dengan begitu, ada pengaruh Curiosity terhadap pemahaman konsep matematis siswa. H0AB diterima, Fhitung < Ftabel yaitu 0,36 < 3,28. Dengan begitu tidak ada interaksi antara Rotating Trio Exchange (RTE) dan Curiosity terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE), Curiosity, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 03:22 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 03:22 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17173 |
Actions (login required)
View Item |