Liana, Riska Fajar (2017) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PENYANDANG AUTIS JENJANG SDLB PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SLB NEGERI METRO. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (10MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa penyandang autis jenjang SDLB dalam memahami pecahan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa autis jenjang SDLB golongan verbal di SLB Negeri Metro yaitu sebanyak 3 siswa yang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan peningkatan ketekunan pengamatan dan triangulasi teknik. Langkahlangkah dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dari 3 siswa autis jenjang SDLB yaitu mereka mempunyai kemampuan berpikir yang berbeda walaupun dalam satu golongan, yaitu golongan verbal. Tidak semua golongan verbal memiliki kemampuan berpikir kritis dan memiliki tingkat pemahaman yang sama. Hanya terdapat 2 siswa autis jenjang SDLB yang memiliki kemampuan berpikir lebih baik dan lebih mudah dalam memahami materi daripada 1 siswa lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 25 Oct 2017 07:16 |
Last Modified: | 25 Oct 2017 07:16 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1661 |
Actions (login required)
View Item |