SARTIKA, Husni (2021) PENGARUH E-LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMAMPUAN BEPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK PENGARUH E-LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK E-learning merupakan sistem pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, sehinga peserta didik dapat mengakses pembelajaran secara jarak jauh. Berdasarkan hasil studi pendahuluan diketahui bahwa pemecahan masalah matematis dan berpikir kreatif masih rendah dikarenakan kegiatan pembelajaran berpusat pada peserta didik yang membuat jenuh dan materi yang diberikan sulit dipahami, serta tenaga pendidik belum terbiasa dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Digunakan pembelajaran E-learning yang dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran E-learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan berpikir kreatif peserta didik kelas VII SMP Al-Huda Jati Agung. Metode penelitian ini quasi eksperimen desain. Populasi penelitian ini yakitu peserta didik kelas VII SMP Al-Huda Jati Agung dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling didapat sampelnya yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran E-learning dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan perlakuan pembelajaran konvensional.Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes berupa soal. Validasi ini dilakukan oleh ahli materi. Teknik analisis instrumen menggunakan Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, dan Daya Beda. Teknik analisi prasyarat menggunakan uji MANOVA. Hasil analisis data terdapat pengaruh pembelajaran E-learning berbantuan google classroom terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan berpikir kreatif peserta didik. Model pembelajaran E-learning memudahkan peserta didik mengulang materi yang dapat diakses kapan pun dan dimana pun, sehingga dapat berinovasi mencari sumber belajar lainnya tidak hanya terpaku pada iisatu sumber pembelajaran saja. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran E-learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan berpikir kreatif peserta didik. Kata Kunci: E-learning, Pemecahan Masalah Matematis, Berpikir Kreatif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 05:11 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 05:11 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16003 |
Actions (login required)
View Item |