NURHAYATI T, Mukti Ali (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah mencari tahu peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik menggunakan model pembelajaran Treffinger Berbantuan Alat Peraga. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah quasy experiment design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas XI SMK Amal Bakti Jatimulyo dengan teknik cluster random sampling, dalam penelitian ini menggunakan tiga kelas XI yang dipilih secara acak. Kelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran Treffinger, kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelejaran Treffinger berbantuan alat peraga dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Analisis data menggunakan uji anova satu jalan dan uji komparasi ganda schefee’. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan menerapkan model pembejaran pembelajaran Treffinger berbantuan alat peraga. Kata Kunci : Treffinger, Alat Peraga, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 13 Aug 2021 03:58 |
Last Modified: | 13 Aug 2021 03:58 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15290 |
Actions (login required)
View Item |