INTAN, DYRA SHARI FAISYAL (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING PADA SISWA SMP. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING PADA SISWA SMP Oleh Intan Dyra Shari Faisyal Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul matematika yang valid, layak digunakan, dan menarik, serta efektif untuk digunakan di dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek dari penelitian ini ialah siswa SMP Negeri di Kota Bandar Lampung. Instrumen yang digunakan yakni wawancara, kuesioner (angket) berupa angket validasi ahli, analisis kebutuhan, dan uji coba produk kepada siswa, serta dokumentasi. Hasil validasi ahli materi dan media yaitu skor yang diperoleh sebesar 3,55 dan 3,43 dengan kriteria “layak digunakan”, hasil uji coba kemenarikan produk kepada siswa untuk kelompok kecil dan kelompok besar memperoleh skor 3,73 dan 3,71 dengan kriteria “sangat menarik”. Kesimpulannya ialah e-modul matematika berbasis etnomatematika dengan pendekatan scientific learning pada siswa SMP dinyatakan valid, layak digunakan, dan menarik digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Kata Kunci : E-Modul Matematika, Etnomatematika, Pendekatan Scientific Learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 03:49 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 03:49 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14959 |
Actions (login required)
View Item |