WAHYUNI, AYU LESTARI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLEM (REPRESENTATIONS, ORAL LANGUAGE, AND ENGAGEMENT IN MATHEMATICS) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI VISUAL MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLEM (REPRESENTATIONS, ORAL LANGUAGE, AND ENGAGEMENT IN MATHEMATICS) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI VISUAL MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY Oleh: Wahyuni Ayu Lestari 1711050127 Kemampuan representasi visual merupakan bagian yang penting dalam matematika. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwasanya kemampuan representasi visual matemaris peserta didik SMA IT Baitul Muslim masih rendah. Kemampuan representasi visual matematis yang masih rendah dikarenakan proses pembelajaran yang digunakan kurang mengembangkan kemampuan representasi visual matematis, sehingga diperlukan inovasi dalam mengembangkan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ROLEM (Representations, Oral Language, and Engagement in Mathematics) dan tipe kepribadian keirsey terhadap kemampuan representasi visual matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis quasy experimental dan desain yang dipakai adalah post-test only control. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMA IT Baitul Muslim. Sampel dalam penelitian adalah kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran ROLEM (Representations, Oral Language, and Engagement in Mathematics) dan kelas X IPA 2 menggunakan model pembelajaran konvesional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak kelas. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah tes kemampuan representasi visual matematis dan angket tipe kepribadian keirsey. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu meliputi uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett. Hasil penelitian ini berdasarkan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama diperoleh nilai signifikansi antar model pembelajaran sebesar kepribadian sebesar sehingga ditolak, nilai signifikansi antar tipe sehingga diterima, nilai signifikansi antar model pembelajaran dan tipe kepribadian sebesar sehingga diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran ROLEM (Representations, Oral Language, and Engagement in Mathematics) terhadap kemampuan representasi visual matematis, tidak terdapat pengaruh tipe kepribadian peserta didik terhadap kemampuan representasi visual matematis dan tidak terdapat interaksi model pembelajaran ROLEM (Representations, Oral Language, and iiEngagement in Mathematics) dan tipe kepribadian terhadap kemampuan representasi visual matematis. Kata Kunci: Kemampuan Representasi Visual Matematis; Representations, Oral Language, And Engagement In Mathematics; Tipe Kepribadian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 03:49 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 03:49 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14833 |
Actions (login required)
View Item |