IMPLEMENTASI STRATEGI PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) BERBASIS TEORI WANKAT DAN OREOVOCZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 21 BANDAR LAMPUNG

TITIK, TRISNAYANTI (2021) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) BERBASIS TEORI WANKAT DAN OREOVOCZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 21 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of perpus pusat bab 1 dan 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP TITIK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah adalah suatu aktivitas untuk mencari penyelesaian dari masalah yang dihadapi, karena dalam proses penyelesaiannya, peserta didik dimungkinkan menggunakan pengetahuan serta keterampilan yang sudah dimiliki untuk diterapkan pada pemecahan masalah. Sedangkan self- confidence merupakan suatu keyakinan pada diri sendiri bahwa dirinya mempunyai kemampuan dan kelebihan untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang diberikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah implementasi strategi pemecahan masalah berbasis TWO dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self-confidence peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan metode kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan uji ANAVA dua jalan sel tak sama. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 21 Bandar Lampung dan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan strategi pemecahan masalah TWO dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan tanpa strategi pemecahan masalah TWO. Pengujian hipotesis menggunakan ANAVA dua jalan sel tak sama, dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data diperoleh sehingga ditolak, sehingga ditolak, dan sehingga diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik yang diberi strategi pemecahan masalah TWO dan peserta didik tanpa strategi pemecahan masalah TWO, (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang memiliki self-confidence tinggi, sedang dan rendah, (3) tidak ada interaksi antara strategi pemecahan masalah TWO dan self-confidence terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Kata Kunci : Pemecahan Masalah (Problem Solving) TWO, Self-confidence, dan Kemampuan pemecahan masalah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jun 2021 04:36
Last Modified: 22 Jun 2021 04:36
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14793

Actions (login required)

View Item View Item