MERLI, ALMAREZA (2021) PENERAPAN LASSWELL COMMUNICATION MODEL BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN METHAPORICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (1MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Penerapan Lasswell Communication Model Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Methaporical Thinking Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Oleh : Merli Almareza 1. Pendekatan Methaporical thinking adalah suatu proses berpikir untuk memahami dan mengkomunikasikan konsep-konsep abstrak dalam matematika menjadi hal yang lebih konkret dengan membandingkan dua hal yang berbeda makna.Adapun tujuan dari penelitian yaitu untuk menganalisa :pembelajaran Lasswell Communication Model berbasis masalah dengan pendekatan Methaporical Thinking terhadap kemampuan komunikasi matematis. Menganalisa perbedaan kemampuan komunikasi matematis pada peserta didik yang memiliki gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Serta menganalisa Interaksi Lasswell Communication Model berbasis masalah dengan pendekatan Methaporical Thinking dan gaya belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Experimental Design. Peneliti menggunakan desain posttest-only control design. Teknik pengambilan sampel yang akan digunakan oleh peneliti adalah Cluster Random Sampling.Terdapat 2 teknik yang digunakan pada penelitian pengumpulan data yaitu: Tes berbentuk soal essay terhadap indikator komunikasi matematis, dan angket gaya belajar. Hasil dari analisis dan pembahasan pada data penelitian bahwa:Terdapat perbedaan model pembelajaran Lasswell Communication Model berbasis masalah dengan pedekatan Methaporical Thinking terhadap kemampuan komunikasi matematis, Perlakuan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Lasswell Communication Model berbasis masalah dengan pedekatan Methaporical Thinking kemampuan komunikasi matematisnya lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang diberi perlakuan pembelajaran menggunakan motode diskusi.Terdapat perbedaan gaya belajar peserta didik terhadap komunikasi matematis, kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan gaya belajar visual lebih baik dari peserta didik yang memiliki gaya belajar auditorial dan kinestetik, kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan gaya belajar visual lebih baik dari peserta didik yang memiliki gaya belajar auditorial dan kinestetik. Tidak terdapat interaksi perlakuan pembelajaran dengan kategori gaya belajar peserta didik sehingga tidak terdapat perbedaan pengaruh antara perlakuan pembelajaran dan gaya belajar peserta didik terhadap komunikasi matematis peserta didik. Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis ; Lasswel Communication Model; Methaporical Thinking; Gaya Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 21 Jun 2021 02:42 |
Last Modified: | 21 Jun 2021 02:42 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14743 |
Actions (login required)
View Item |