PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WEE (Wondering, Exploring and Explaining) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

PINKAN, AYU QOBILYA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WEE (Wondering, Exploring and Explaining) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PINKAN AYU QOBILYA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WEE (Wondering, Exploring and Explaining) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA Oleh: Pinkan Ayu Qobilya 1611050318 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang memperoleh model pembelajaran WEE (Wondering, Exploring and Explaining) dan model pembelajaran konvensional, mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep antara peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah, sedang dan tinggi dan mengetahui interaksi antara model pembelajaran WEE dan motivasi belajar dalam peningkatan pemahaman konsep matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs. Al-Ishlah Sukadamai Natar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Pengujian hipotesis mengunakan analisis two way anova. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Barlett. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara peserta didik yang memperoleh model pembelajaran WEE dan model pembelajaran konvensional; (2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara peserta didik dengan motivasi rendah, sedang dan tinggi; (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran WEE dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Kata Kunci : Model Pembelajaran WEE, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jun 2021 04:06
Last Modified: 18 Jun 2021 04:06
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14737

Actions (login required)

View Item View Item