AULIA, PRASISCKA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) BERBANTUAN ICE BREAKING GAMES TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
![]() |
PDF
Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Kemampuan penalaran matematis dalam pembelajaran matematika merupakan suatu hal yang diperlukan oleh setiap peserta didik guna mempermudah proses belajar mengajar. Namun, berdasarkan hasil pra penelitian di SMP TMI Roudlotul Qur‟an berupa tes kemampuan penalaran matematis peserta didik menunjukan bahwa tingkat kemampuan penalaran matematis peserta didik masih sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran ARIAS berbantuan Ice Breaking Games terhadap kemampuan penalaran matematis, mengetahui pengaruh gaya belajar peserta didik terhadap kemampuan penalaran matematis, dan untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran ARIAS berbantuan Ice Breaking Games dan gaya belajar peserta didik terhadap kemampuan penalaran matematis. Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis True Exsperiment Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP TMI Roudlotul Qur‟an, dengan teknik simple random sampling terpilih kelas VIII D sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran ARIAS berbantuan Ice Breaking Games dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran PBL. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu menggunakan ANAVA dua jalan dengan sel tak sama dan uji lanjut menggunakan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe‟. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan. Pertama, terdapat pengaruh model pembelajaran ARIAS berbantuan Ice Breaking Games terhadap kemampuan penalaran matematis dan diperoleh ditolak dengan dan . Kedua, terdapat pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan penalaran matematis dan diperoleh ditolak dengan dan . Ketiga, tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran ARIAS berbantuan Ice Breaking Games dan gaya belajar terhadap kemampuan penalaran matematis sehingga diterima dengan dan . Kata Kunci: Model Pembelajaran ARIAS, Ice Breaking Games, Kemampuan Penalaran Matematis, dan Gaya Belajar Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 16 Jun 2021 02:58 |
Last Modified: | 16 Jun 2021 02:58 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14678 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |